Your Partner Tutor's

Cara Alternatif Menampilkan Source Code di Postingan Blogger

pakarlink.blogspot.co.id - Postingan ini berawal dari keinginan admin yang mencoba agar penyajian tutorial terlihat menarik dan berbeda dari biasanya. admin pakarlink mencari cara alternatif menampilkan source code di postingan blogger, khususnya untuk blog ini.


Akhirnya admin menemukan alternatif lain yaitu dengan menggunakan PastebinBerikut Cara Menampilkan Source Code di Postingan Blogger dengan menggunakan Pastebin.

Berikut ini caranya :


1. Pertama kita menuju ke website Pastebin.com

2. Lalu login seperti biasa jika kalian sudah mempunyai akun ,atau kalian bisa login dengan akun socmed kalian seperti Facebook ,Twitter atau Google +.
3. Jika sudah selesai kalian bisa memlih tombol Create New Paste 





4. Di pojok kiri atas kalian pilih New Paste. Pada kolom New Paste kalian pastekan bahasa pemrogramman yang ingin kalian tampilkan di blogger. Sebagai contoh disini saya akan menampilkan bahasa pemrogramman CSS ke Blogger anda.


5. Setelah itu pada bagian Optional Paste Settings dibawahnya kalian bisa setting terlebih dahulu Source code kalian. seperti 

  • Syntax Highligting  : Jenis bahasa pemrogramman kalian (ex : Java )
  • Paste Expiration     : Jangka Waktu Source Code tersebut misal : 1 menit 1 jam 1 hari 1                                    minggu atau 1 bulan. jika tidak mau ada jangka waktu kalian bisa                                       memilih Never.
  • Paste Exposure       : Jenis publikasi Source Code tersebut misal : public , private.
  • Paste Name             :  Judul atau nama Source Code kalian . (ex : MainActivity. Java)

6. Kemudian saat Source Code kalian sudah tampil, kalian bisa memilih tombol embed seperti pada gambar dibawah:

7. Salin kode CSS seperti pada gambar dibawah:




8. Di Postingan Blogger kalian pada Menu Compose dan HTML, kalian pilih Opsi HTML Lalu pastekan kode javascript tadi di bagian HTML.

Hasilnya akan terlihat seperti ini :

9. Agar Tampilan Sourcode sesuai dengan harapan, silahkan anda gunakan pencarian di HTML, (tekan ctrl + F), dan letakkan hasil embed script pada bagian yang diinginkan,


10. Nah sekarang kalian bisa menampilkan Source code bahasa pemrogramman Apapun di Postingan Blogger , tanpa khawatir masalah load yang lambat pada halaman, dan tepat dibawah tulisan Source code:


Demikian postingan Trik Cara Menampilkan Source Code Di Postingan Blogger dengan Keren ^_^, Semoga bermanfaat dan semoga Anda tidak mengalaminya. Good Luck! Anda punya solusi paling jitu? Please share and leave a comment!

Share on Google Plus

About Unknown

pakarlink.cf adalah web bidang IT- Hacker, Tips - Trik dunia komputer dan Jaringan. Admin senang berbagi informasi technologi, artikel, hasil riset dan praktikum yang kami lakukan dibidang IT, Komputer Networking, Web Desain, Animation dan Augmented Reality.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar: