Your Partner Tutor's

Memilih Jenis Font Terbaik Untuk Blog

pakarlink.blogspot.co.id - Berbicara tentang Font, merupakan hal yang penting dalam dunia IT, tentunya web termasuk blogging. Jenis font akan mempengaruhi tingkat keterbacaan (Legibility and Readability) sehingga berpengaruh pada SEO dan user freindly. 

Font yang sesuai akan memudahkan user dalam membaca, sehingga user dapat mudah memahami informasi pada blog


Sebagai perbandingan dan acuan, Facebook menggunakan jenis huruf Lucida Grande. Kalau kita intip, Facebook menggunakan kode begini: font-family: 'lucida grande',tahoma,verdana,arial,sans-serif; 


Sedangkan menggunakan Catull Font. Memiliki kaligrafi dengan kontras bobot stroke dan serif khas. Ini adalah pilihan yang termasuk "eye-catching". 

Wikipedia menggunakan Hoefler Text font. Text Hoeflter adalah pertama kali dirancang untuk Apple Computer demi menunjukkan teknologi canggihnya.


Studi tahun 2002 oleh Software Usability and Research Laboratory menyimpulkan, jenis huruf yang paling mudah dibaca (most legible fonts) adalah: Arial, Courier, dan Verdana.
  • At 10-point size, participants preferred Verdana. Times New Roman was the least preferred.
  • At 12-point size, Arial was preferred and Times New Roman was the least preferred.
  • The preferred font overall was Verdana, and Times New Roman was the least preferred.
Intinya, jangan gunakan font yang aneh-aneh, yang penting mudah dibaca user deh.... Unsur "indah" nomor sekian. Percuma huruf bagus, indah, kalo sulit dibaca atau "membikin pusing" pembaca.

Daftar Font paling banyak digunakan dan terbaik untuk blog
  1. Arial 
  2. Verdana
  3. Tahoma
  4. Helvetica
  5. Georgia
  6. Palatino Linotype
  7. Times New Roman
  8. Trebuchet MS
  9. Courier New
Selain soal jenis huruf, hal lain yang harus diperhatikan adalah ukuran (size), spasi antar baris, dan pengaturan paragraf:
  1. Font size & line spacing are important!
  2. Keep lines short!
  3. Keep paragraphs short!
Semoga Bermanfaat, ^_^ 

Share on Google Plus

About Unknown

pakarlink.cf adalah web bidang IT- Hacker, Tips - Trik dunia komputer dan Jaringan. Admin senang berbagi informasi technologi, artikel, hasil riset dan praktikum yang kami lakukan dibidang IT, Komputer Networking, Web Desain, Animation dan Augmented Reality.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment